kampusku
IPB Badge
IPB Badge
bebas

IPB Badge

OK menindaklanjuti post Saya sebelumnya,mari kita lanjutkan pembahasan tentang interface dan usability dari website SIMAKUI.com. Pada postingan yang kedua ini Saya tidak hanya akan membahasa dari sisi design saja tetapi juga dari sisi usability..

Seperti kata pepatah, tak kenal maka….kenalan..maka Saya mau kenalin dulu penjelasan tentang usability dari website :

Yang dimaksud dengan web usability adalah kemudahan suatu web untuk digunakan oleh usernya (Shackel, 1991). Seperti teori yang dicetuskan oleh Jakob Nielsen (2003), Usability dapat dinilai dari lima karakteristik yaitu :

  1. Learnability : seberapa mudah suatu antarmuka dapat dipelajari ketika seorang pengguna memakainya untuk yang pertama kali.
  2. Efficiency : ketika seorang pengguna telah mempelajari suatu antarmuka, seberapa cepat ia dapat menyelesaikan pekerjaan dasar.
  3. Memorability : Ketika seorang pengguna sudah lama tidak menggunakan antarmuka tersebut, seberapa mudah ia dapat menggunakannya kembali
  4. Error : Berapa banyak eror yang dilakukan pengguna dan seberapa sering, serta bagaimana mereka menyelesaikan masalah yang terjadi itu.
  5. Satisfaction : Seberapakah kepuasan seorang pengguna terhadap antarmuka yang ia jalankan.

Sementara menurut Quesenbery (2003), usability dapat dilihat dari kategori berikut:

  1. Effective : kelengkapan dan keakuratan yang dapat dicapai seorang pengguna dalam mencapai tujuannya.
  2. Efisien : Kecepatan seorang pengguna menyelesaikan tugasnya dengan akurat.
  3. Engaging : Derajat style antarmuka yang menyenangkan penggunanya.
  4. Error tolerant : bagaimana antarmuka menghindari error yang dapat terjadi dan membantu user menyelesaikan eror yang terjadi.
  5. Easy to Learn : bagaimana suatu antarmuka membantu pengguna untuk mengetaui lebih dalam tentang antarmuka tersebut

Jika dilihat dari sisi engagingnya, maka derajat website ini masi terbilang kurang menyenangkan. Selain dari desainnya yang monoton dan ‘kosong’ (seperti yang Saya terangkan di Post pertama), website ini terlihat seperti kurang serius dikerjakan. Contohnya saja, developer tidak meggunakan icon apapun pada title sehingga walaupun halaman sebenarnya sudah ter-load,tapi jika kita masi berada di tab lain,halaman seperti belum terload. contohnya bisa teman-teman lihat pada gambar di bawah :

tidak ada icon pada title bar

Lalu, pada bagian usability, Saya ingin sedikit membahas masalah navigasi pada web ini. Maslah pertama adalah website SIMAKUI.com terlalu banyak menempatkan link website Salemba.net pada content postnya tanpa keterangan bahwa link yang mereka pasang jika di klik akan menuju ke website Salemba.net. Salah satu contohnya bisa teman- teman lihat pada gambar di bawah :

link langsung menuju ke salemba.net walaupun judul post : asli SIMAKUI

Seperti teman-teman lihat di atas, walaupun judul postnya Asli SIMAKUI, ketika ingin mendaftar, hanya ada tulisan link disini , lalu setelah di klik yang keluar adalah window baru berisi form dari Salemba.net. tidak hanya satu, ada banyak link yang seperti ini di SIMAKUI.com dan ini akan membuat banyak pengguna kebingunan karen harus berpindah-pindah navigasi website di satu content yang seharusnya hanya berada di satu website.

Leave a Reply